Ulasan Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula dan Mendaftarkan Google Adsense

Ulasan Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula dan Mendaftarkan Google Adsense



Cara Menjadi Youtuber
Cara Menjadi Youtuber (Sumber: Pixabay)
https://ahli-informasi-teknologi.blogspot.com/ , Jakarta Cara menjadi YouTuber untuk pemula cukup mudah, namun harus dilakukan sesuai langkah. Memutuskan berkarier sebagai Content Creator di YouTuber tentunya harus disertai dengan ketetapan hati dan persiapan yang matang. Apalagi, jika anda ingin menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

Banyak orang yang menganggap pekerjaan menjadi seorang YouTuber hanyalah sebatas merekam video, mengedit, mengunggahnya, dan menerima pembayaran. Namun, ternyata pekerjaan ini tidak sesederhana dan semudah itu.

Youtuber sendiri merupakan istilah untuk seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten. Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan, tetapi sekarang ini Youtube sudah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

Cara menjadi Youtuber untuk pemula harus dilakukan dengan benar dan menarik perhatian netizen  jika ingin sukses. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dalam rangka menjadi Youtuber ini.

2 dari 5 halaman
Membuat Channel Youtube dan Tentukan Tema Konten
Membuat Channel Youtube

Cara menjadi youTuber yang pertama adalah membuat akun terlebih dahulu. Sebelum membuat channel Youtube, anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Caranya dengan membuka situs Gmail dan ikuti panduan langkah-langkah mendaftarnya.

Selanjutnya, barulah anda bisa membuat channel YouTube. anda bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang mewakili isi dari konten-konten sebagai nama channel Youtube anda. Setelah itu, barulah anda bisa mengunggah konten Youtube.

Tentukan Tema Konten

Cara menjadi YouTuber berikutnya adalah menentukan tema konten atau isi channel YouTube anda. Ada berbagai macam konten yang bisa anda jadikan pilihan. Mulai dari konten permainan game, makanan, traveling, fashion, konten memasak, dan lain-lain.

Mengisi channel YouTube anda dengan konten-konten yang menarik akan membuat orang sering menunjungi video yang anda unggah. Hal ini tentunya akan membuat channel anda semakin dikenal banyak orang. Buatlah konten yang anda suka agar membuat video menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

3 dari 5 halaman
Persiapkan Peralatan untuk Membuat Konten dan Share Konten Lewat Media Sosial
Share Konten Lewat Media Sosial
Share Konten Lewat Media Sosial / Sumber: iStock
Persiapkan Peralatan untuk Membuat Konten

Salah satu hal yang benar-benar harus dipersiapkan sebagai cara menjadi YouTuber adalah mempersiapkan peralatan untuk membuat konten. Alat penunjung ini tentunya sangat penting dalam menghasilkan konten atau video yang berkualitas.

Selain peralatan utama seperti ponsel atau komputer maupun kamera, anda perlu alat penunjang lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan tema channel YouTube.

Share Konten Lewat Media Sosial

Sebagai Youtuber pemula, konten yang anda buat tentunya tidak akan langsung ditonton oleh banyak orang. Untuk mendatangkan penonton, anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang anda miliki untuk memporomosikannya.

Cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah dengan memuntukkan video yang sudah diupload ke jejaring media sosial, seperti Twitter, Facebook,  ataupun Instagram, sehingga orang-orang tahu bahwa anda telah membuat konten. Dengan memuntukkan konten di media sosial, maka teman-temanmu tentunya akan langsung menonton konten yang anda buat.


4 dari 5 halaman
Memaksimalkan total Subscriber dan Mengunggah Konten Secara Konsisten
Memaksimalkan total Subscriber

Setelah konten yang anda buat ditonton oleh banyak orang, kadang ada yang akan berkomentar atau bertanya tentang video-video tersebut. salah satu cara menjadi YouTuber selanjutnya ini adalah dengan merespons berbagai komentar dari subscriber. anda bisa membalas komentar ataupun menyukai komentar tersebut.

Respons yang diberikan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung antara YouTuber dengan penonton. Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel YouTube anda bisa lebih disukai, total subscriber pun akan bertambah dengan sendirinya.

Selain itu, anda juga bisa menambah total subscriber dengan mengadakan giveaway untuk subscriber-mu. Tidak hanya untuk menambah minat orang untuk berkunjung ke channel YouTube anda, hal ini juga sebagai apresiasi pada penonton yang telah setia menonton karyamu. Giveaway ini tidak perlu mahal-mahal, apalagi anda baru YouTuber pemula.

Mengunggah Konten Secara Konsisten

Cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah dengan mengunggah konten secara konsisten. Konsistensi dalam membuat dan mengunggah video itu sangat penting. Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula akun YouTube anda muncul di beranda laman ini. Apalagi untuk orang yang sudah pernah menonton video yang diunggah sebelumnya.

Meski konten yang dibuat kurang menarik perhatian, akan ada saja orang yang penasaran dan mengklik video yang anda buat. Dengan konsistensi, total pengunjung pun akan bertambah dengan sendirinya, karena mereka mengapresiasi usaha anda dalam membuat video.


5 dari 5 halaman
Cara Mendaftarkan Google Adsense

Setelah mengetahui cara menjadi YouTuber, tentunya anda juga perlu mengenali cara mendaftarkan Google Adsense agar memiliki pendapatan dari pekerjaan ini.

Jika telah memiliki akun Google dan channel YouTube, anda bisa mendaftar Google Adsense. Langkah yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akunmu. Akan muncul pada gambar untukan pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Akan muncul tampilan ‘Buat Saluran’.

Upload Video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube anda minimal tiga hingga lima video. Video harus asli buatan sendiri dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe. Perhatikan juga pada saat mengunggah video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang anda unggah.

Aktifkan Monetasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, kemudian masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilih ‘Aktifkan’. Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik ‘Saya Setuju’.

Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’. anda hampir selesai membuat akun Adsense dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

Kaitkan Adsense YouTube

Klik ‘Monetisasi’, kemudian klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Selanjutnya anda bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube. Kemudian pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

Pasang Unit Iklan di YouTube

anda akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, anda akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Nikmati Penawaran Terbaik dari Google

Dengan membaca ulasan yang diberikan, anda akan semakin bersemangat mencari pendapatan dari Google. Mendapatkan pendapatan dari Google bukan sesuatu hal yang mustahil. Asal anda melakukannya dengan tekun dan konsisten, anda akan dapat menikmati keuntungannya.

Baca juga :  9 cara menghasilkan uang dari internet

Posting Komentar

0 Komentar